Mobile Menu

navigasi

More News

Jalan Panjang Pers Sumatera Utara - HPN 2021

10.34

Berita 24 Sumatera Utara
- Jalan Panjang Pers Sumatera Utara - HPN 2021

Pers Indonesia punya sejarah panjang dan besar perananya dalam perjuangan merebut dan mengisi kemerdekaan bangsa.  

Pers Sumatera Utara pun termasuk pelopor. Banyak catatan membanggakan dari penerbitan pers masa lalu di Sumatera Uatar. Salah satunya, Sumut memiliki penerbitan pers terbanyak di Indonesia, yakni sebanyak 147 terbitan surat kabar selama periode tahun 1880 hingga 1942.

Berdasarkan bukti otentik, Sumatera Utara memiliki 3 pelopor koran perempuan pertama di Indonesia. Di antaranya Perempuan Bergerak (Medan, 1919), Soeara Iboe (Sibolga, 1932), Boroe Tapanoeli (Kotanopan, 1940). 

Selain itu, di Sumatera Utara juga memiliki koran pertama di Indonesia yang Namanya menggunakan kata ‘Merdeka’ yaitu koran Benih Merdeka terbitan tahun 1916. Koran ini menjadi bukti bahwa gagasan dan cita-cita kemerdekaan itu lahir dan diperjuangkan lewat pena.  

Hingga saat ini di Sumut masih eksis surat kabar usia puluhan tahun yang ikut memperjungakan kemerdekaan, yaitu Harian Mimbar Umum dan Waspada.

Sumut juga melahirkan tokoh-tokoh pers diantaranya, Parada Harahap yang mendapat gelar ‘Raja Delik Pers’ di Indonesia. Parada sering mengkritisi Belanda dalam pemberitaan, sehingga Ia pernah 12 kali terkena delik sehingga harus keluar masuk penjara. Sumut juga punya sosok H.M Said, tokoh pers yang sangat nasionalis dan  pro rakyat.

Eksistensi media massa dari dulu dan kini tetap memberi peranan penting. Jika dulu sebagai alat perjuangan merebut kemerdekaan, pers masa kini masih setia menunaikan tugasnya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, serta kontrol sosial.

Terlebih dimasa pandemi  saat ini. Peranan media massa terasa semakin dibutuhkan. Pers penting dalam menyebarluaskan informasi yang terpercaya, mencerdaskan publik serta meluruskan hoaks yang menyebar di masyarakat.

Walaupun ikut terkena dampak krisis, media massa tetap menjalankan perananya  dalam perjuangan mengatasi pandemi.  Media pun  menjadi sumber kekuatan di era pandemi. Menyebarkan kewaspadaan, pers sejatinya berada di garda terdepan,  Ia ikut dalam perjuangan menyelamatkan nyawa dan menaklukan pandemi.

Pers hingga saat ini, juga berperan penting dalam mengkonstruksi negara, Pers tidak hanya sekadar menyajikan berita, akan tetapi juga menampilkan perjuangan satu era tertentu.
Selamat Hari Pers Nasional.

Tags: Pers, Pers Indonesia, my pers, Pengertian pers, Fungsi pers, Dewan pers, Pers adalah, Pers Sumut, 
Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar